Cara Menghubungkan Blog Dengan Google Analytics

Cara Menghubungkan Blog Dengan Google Analytic - Google Analytics adalah aplikasi yang tepat untuk memonitor blog anda, terlebih google analytic juga sangat penting untuk pelaku bisnis online dan para pencari uang di internet karena lewat aplikasi milik google ini kita bisa mengetahui bagaimana perilaku pengunjung blog kita.

Sebelumnya saya sudah bahas pada artikel Google Analytic - Optimisasi SEO Blog Dengan Cara Menganalisa Perilaku Pengunjung maka sekarang waktunya saya menunjukkan bagaimana cara menghubungkan blog dengan Google Analyitic.

Cara Mendaftar Google Analytics


1. Seperti biasa dan takkan pernah terlewatkan untuk mendapatkan akses ke suatu situs yang perlu kita lakukan adalah melakukan pendaftaran. Tenang, karena Google analyitic adalah situs open source siapa saja boleh menggunakan nya jadi yang kita perlukan adalah akun Gmail , saya yakin anda semua pasti sudah mempunyai akun Gmail apalagi para blogger - blogger indonesia yang cantik dan ganteng - ganteng hehe.

2. Masuk ke Gmail anda lalu kunjungi situs Google Analytic  Otomatis Google akan mensinkronkan akun Gmail kita ke dalam Google Analytic.
Klik pendaftaran.

3. Selanjutnya kita akan mengisi formulir sesuai dengan konten blog kita.


Setelah semua Formulir disini lalu Klik dapatkan ID Pelacakan
4. Langkah terakhir agar blog kita dapat terhubung dengan Google Analytic. Ada 2 cara agar blog kita bisa terhubung dengan Google Analytic, berikut caranya:
  • Cara Pertama : Copy kode yang diberikan oleh Google Analytic kepada kita saya kita selesai mengisi formulir pendaftaran diatas, lihat gambar dibawah ini.
    Lihat pada gambar yang diberi kotak Merah, Merupakan kode yang akan kita copy lalu kita kan pastekan kedalam HTML blog kita.

    Kode oleh GAnalytic.

    - Copy kode yang diberikan oleh Google Analytic lalu parse dulu kode tersebut melalui Website ini hasil parse akan berbentuk html yang nanti akan kita pastekan ke tema/template blog kita.
    Hasil parse
    - Buka blog klik tema/template lalu Edit hTML lalu cari kode <head> dan letakkan kode yang diberikan Google Analytic tepat di bawah kode <head>.

    -
    Kemudian kalian klik panah "<--- kembali" dan klik Tracking Code untuk mengetes apakah blog kita sudah berhasil di sinkronkan dengan Google Analytic. klik Send Tes Trafik.
    Akan membuka jendela baru yang menandakan ada kunjungan di blog kita.

    - Cek pada menu Home apakah ada 1 kunjungan yang berarti kita sudah sukses dalam memasukkan Code Google Analytic.
     sukses bro!!
  • Cara Kedua: jika anda kebingungan dalam memasukkan kode Google Analytic anda bisa melakukan Cara Kedua ini, tidak seperti cara pertama cara ini lebih simpel dan praktis.

    - Masuk ke Blogger anda lalu Setting - Other - Google Analytic.

    Setting other di blog

    - Copy Code Tracking ID yang ada Di menu Admin Google Analytic. contoh UA-9xxxxx

    - Selesai anda bisa Send Test Trafik dijamin cara ini 1000% Berhasil.



2 Komentar

Lebih baru Lebih lama